saya tian sony, saya mau tanya dokter,kalo sya masukkan jari saya ke telinga kok saya berasa kayak mengiang apa gitu dan berasanya itu sampai ke dalam telinga,kalo saya lagi di tempat sepi,saya kayak dengar suara bising,menurut dokter gendang telinga itu bisa keluar

Jawaban Dokter :

Malam Sobat

Mohon maaf sebelumnya bila saya tidak mengerti sepenuhnya pertanyaan sobat. Akan saya coba jawab pertanyaanya.

Kedua gendang telinga terletak diujung masing-masing liang terlinga. Gendang terlinga dapat rusak (sobek, bolong, atau hilang sama sekali) akibat luka tusuk atau infeksi telinga. Gedang telinga tertancap didalam dan tidak dapat berpindah tempat.

Memasukan benda yang cukup kecil kedalam telinga (mis: kapas korek kuping/ cotton bud) akan menimbulkan rasa nyeri bila menekan kulit pada bagian dalam liang telinga (dekat didepan gendang telinga). Hal ini normal, karena kulit daerah tersebut lebih sensitif terhadap penekananan karena langsung melapisi tulang tengkorak – jadi penekanan daerah tersebut akan menghimpit kulit langsung ke dasar tulang. Berbeda halnya pada kulit di liang telinga depan yang berdasar jaringan lunak.

Suara mengdenging (tinnitus) dapat disebabkan kelainan pendengaran atau merupakan hal yang normal. Menurut teori, tinnitus berasal dari turbulensi aliran darah (suara yang diciptakan aliran akibat terkena hambatan) pada pembuluh darah yang terletak dekat dari telinga dalam. Tinnitus subjektif ini sebenarnya terjadi terus-menerus, namun kita baru dapat jelas mendengernya ketika berada di dalam ruangan yang sunyi karena tidak ada efek “masking” dari suara lain.

Periksakanlah diri anda pada dokter/ dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai.

Semoga informasi ini membantu, salam sehat.