malam,dok…
kebetulan saya pengantin baru,tapi kami ingin menunda punya momongan.
saya & suami takut untuk ,karena kata orang kalau belum punya anak tidak boleh KB dulu,takutnya nanti susah untuk punya anak.
Solusinya,bagaimana ya dok??
aman atau tidak saya menggunakn KB?dan jenis KB apa yg pas??
Mohon penjelasannya ya…
TRIMS

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Memang benar penggunaan obat KB baik KB suntik maupun obat minum apabila dikonumsi dalam waktu yang lama dapat menurunkan angka kesuburan. Tergantung dari perencaan kehamilan dari anda, apabila penggunaan kurang dari 5 tahun tentu masih dalam batas aman.

Apabila anda tidak mau menggunakan obat KB, anda dapat mengkombinasi 2 – 3 metode KB sekaligus, misalnya menggunakan pengaman (kondom pria, kondom wanita), penggunaan tissue KB, pemasangan alat kontrasepsi dalam rahim (spiral), menggunakan metode kalender dengan menghitung masa subur.

Masa subur wanita biasa pada pertengahan dari siklus haid, misal siklus haid 28 hari, maka antara hari ke 11 – 17 merupakan masa tersubur bagi wanita tersebut. Sehingga apabila anda ingin berhubungan pada tanggal 1 – 11, atau 17 keatas sebelum haid, tentu juga perlu menggunakan kondom, karena sperma laki-laki dapat bertahan sampai 6 hari di dalam rahim wanita. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam