Dok, saya wanita berusia 23 tahun. Di thn 2008 minus saya R -4.00 L -4.50, saat ini 2012 minus saya bertambah R -4.75 L -5.50. Yang ingin saya tanyakan, apakah minus saya dapat disembuhkan? dan apakah dengan bertambahnya usia minus mata akan terus bertambah karena ada teman saya yang memiliki minus -8.00? serta apakah benar, jika wanita yang mengalami rabun jauh dengan nilai minus diatas 5 diharuskan melahirkan secara sectio caesar, kebetulan saat ini saya sedang program kehamilan?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat ,

Bila anda sudah memiliki mata minus dengan ukuran tinggi, maka anda harus tetap menjaga kesehatan mata anda dan mencegah perburukan ukuran minus mata anda. Dapat dicegah dengan tetap rajin mengontrol ukuran kaca mata, menggunakan kaca mata sesuai dengan ukuran, atau hal yang mudah dengan mencegah membaca di tempat yang gelap. Jalan lain bila ingin memperbaiki keadaan minus mata sehingga penglihatan akan lebih jelas dengan operasi lasik pada mata anda. Namun sebelumnya sebaiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan spesialis mata.

Mengenai hubungan mata minus dan operasi caesar memang masih pro dan kontra. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah memeriksakan kesehatan mata, dengan pemeriksaan funduscopy akan diperiksa keadaan retina anda.

Beberapa hal yang ditakutkan dalam persalinan normal adalah kesalahan pola mengejan, sehingga tekanan di bola mata akan meningkat sehingga dapat menyebabkan peningkatan aliran darah di mata dan terjadi robekan retina yang akan menurunkan fungsi penghilhatan.

Namun jangan takut terlebih dahulu, masih banyak kasus minus tinggi yang dapat lahir dengan normal. Kuncinya dengan proses mengejan yang baik, salah satunya dengan mencegah mengejan sambil memejamkan mata dengan kencang. Sebab proses mengejan yang baik adalah dengan tetap membuka mata dan melihat ke arah perut saat proses melahirkan.

Ada baiknya bila anda memeriksakan kesehatan mata anda dengan spesialis mata

Semoga membantu.
Terima kasih