Dok saya mau bertanya mengenai penyakit diabetes yang saya alami sekarang ini. Bagaimana pola makan yang baik bagi penderita diabetes? Apa efek diabetes terhadap impotensi? Apakah seseorang yang terkena impotensi bisa disembuhkan? Demikian
pertanyaan dari saya. Mohon penjelasan dari dokter, dan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Penanggulangan diabetes melitus memang terdiri dari 4 pilar yaitu:

  1. Pengaturan makan (diet)
  2. Olahraga
  3. Edukasi cara pemeliharaan kaki, istirahat, dst
  4. obat-obatan dan insulin

Untuk diet bagi pasien diabetes, perlu dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui status gizi anda, apakah gizi lebih, normal atau kurang.

Tujuan utama adalah mencapai berat badan ideal anda. Cara mengukurnya : (Tinggi Badan – 110cm ) + 10% (TB – 110cm). Bila berat badan anda lebih dari itu, maka target anda adalah berat badan ideal anda. bila kurang, maka berat badan harus dinaikkan.

Prinsip utamanya adalah tidak ada pantangan makanan. tetapi, semua makanan ada porsinya. Anda dianjurkan makan sebanyak 5 kali per hari dalam porsi sedikit-sedikit. Dengan total asupan kalori sekitar 1600-1800 kalori per hari. Misalnya:

  1. Sarapan pagi : 500 kalori = sepiring nasi goreng seberat 100 gram (sekitar satu mangkuk sop ukuran sedang), beserta lauk telur goreng dan acar ketimun, dan segelas teh manis dengan gula diet.
  2. Snack : 200 kalori = pisang rebus, atau biskuit crackers 3 keping.
  3. Makan siang : 500 kalori = nasi putih seberat 100 gram, lauk daging sepotong (ayam atau daging sapi atau ikan), semangkuk sop atau sayur asam atau sayur lainnya dan sepotong tahu atau tempe. minum segelas air mineral
  4. Snack sore : 200 kalori = ubi rebus atau setangkup roti dengan selai rendah gula (selai untuk penderita diabetes)
  5. Makan malam : 400 kalori = nasi merah seberat 100 gram, lauk daging sepotong, dengan semangkuk sop atau sayur berkuah dan sepotong semangka atau melon atau 1/4 buah jeruk atau apel.

Pengaturan makan ini bila dijalani dengan baik, niscaya target gula darah anda akan tercapai. Jangan lupa untuk berolahraga dengan intensitas sedang, yaitu berjalan kaki yang ditingkatkan bertahap kecepatannya dan jaraknya, hindari olahraga mengangkat beban atau aerobik yang terlalu membebani jantung. Konsumsi cukup air mineral untuk menghindari dehidrasi setelah berolahraga.

Semoga berguna.

Diabetes