Beberapa hari ini saya sangat resah dan gelisah, dikarenakan salah satu organ mulut saya, lidah, sepertinya terbelah-belah tetapi tidak begitu dalam, dan lidah saya tidak mengalami luka atau borok, saya khawatir ini adalah gejala kanker mulut dari yang pernah saya baca (mudah-mudahan tidak).

Pertanyaan saya adalah : 1. Apakah ini ada hubungannya dengan kebiasaan saya yang sering minum atau makan sesuatu dalam keadaan panas. Misalnya : minum kopi dalam keadaan panas (habis kurang dari 2 menit) atau makan-makanan yang masih panas ? 2. Apakah ada hubungannya dengan pemakaian gigi palsu pada diri saya? Satu gigi palsu seri pada bagian atas.

Sebagai informasi dahulu saya perokok tetapi saya sudah meninggalkan kebiasaan ini sejak lima tahun yang lalu.

Mohon penjelasan dari Dokter, saya sangat menantikan jawaban dari Dokter.

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Menanggapi pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu ditelusuri lebih jauh:

  • Gejala lidah seperti terbelah, apakah persis sebelum Anda mengalami ini, Anda baru saja mengonsumsi makanan atau minuman yang panas? Karena bisa saja gejala ini muncul akibat lidah "terbakar" makanan panas. Waktu penyembuhan yang wajar adalah maksimal 7-14 hari.
  • Gigi palsu tidak berhubungan dengan gejala lidah Anda, kecuali lidah Anda terluka karena tergigit gigi palsu
  • Berapa tahun lama Anda merokok dan berapa batang rokok per hari yang Anda hisap. Benar sekali bahwa rokok sangat berkaitan dengan timbulnya kanker rongga mulut. Semakin banyak dan lama Anda merokok, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kanker ini. Namun, ada beberapa gejala dan tanda kanker yang Anda bisa kenali:
    – sariawan, bercak putih, atau bercak kemerahan yang tidak menghilang dalam 14 hari
    – luka yang mudah berdarah, dan tidak sembuh-sembuh
    – letaknya bisa di lidah, dinding dalam pipi, atau bibir
    – biasanya tidak nyeri pada awal perjalanan penyakit
    – dapat disertai baal (hilang rasa)

Dari cerita Anda sepertinya tidak ada gejala seperti tersebut di atas, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jika keluhan Anda tidak membaik dalam 14 hari, atau menunjukkan ciri-ciri seperti yang saya ungkapkan di atas, jangan ragu untuk segera menemui dokter supaya ia dapat memeriksa Anda secara langsung dengan lebih cermat.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Diabetes