Dok, saya perempuan (29 tahun), tinggi badan 156 cm, berat badan 43 cm.
2 bulan yang lalu saya ada keluhan: bibir, tangan dan kaki sebelah kanan sering kesemutan, rasanya seperti ada aliran listrik kecil sehingga dirasakan geli & kesemutan ringan. saya ke dr. umum, & diberi vitamin B kompleks. Gejala membaik & sudah hilang. Tapi dok, sekarang kalau saya berkaca & menjulurkan lidah, lidahnya kok agak mencong ke sebelah kiri ya?
Apakah ada hubungannya dgn rasa kesemutan di sebelah kanan?
Atau karena gigi sebelah kanan bolong sehingga saya makan menggunakan sisi kiri – dpt mengakibatkan lidah condong ke sebelah kiri?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Puji Tuhan apabila gejala sebelumnya sudah hilang. Ibu sebelumnya perlu mengevaluasi ulang faktor pencetus keluhan ini. keluhan ini dapat merupakan tanda dari suatu penyakit yang serius, yaitu penyakit pada susunan saraf pusat (otak), yang dikarenakan berkurangnya aliran darah di otak dimana dapat menyebabkan kematian jaringan di otak.

Faktor resiko yang menyebabkan keluhan seperti ini adalah penyakit darah tinggi menahun, penyakit kencing manis, perokok, tingginya kadar kolesterol dalam darah, penyakit jantung, kelainan darah, usia lanjut, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Keluhan ibu tersebut membaik setelah diberikan vitamin B kompleks, karena vitamin tersebut membantu dalam penyembuhan jaringan saraf. Ibu disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti CT-scan maupun MRI. Untuk sekarang ini, menghindari faktor resiko merupakan prioritas utama. Semoga cepat sembuh.

Salam

Diabetes