Selamat malam dokter.

Tangan sebelah kiri anak saya tidak bergerak alias lemah sejak lahir. Pada waktu melahirkan, anak saya tersebut susah keluar karena terlalu besar, sehingga kemungkinan bahunya tertarik. Saya sudah konsultasi ke dokter anak dan dirujuk ke dokter tumbuh kembang anak. Dokter tsb mengatakan kalau anak saya mengalami erb’s palsy dan disarankan untuk dilakukan fisioterapi pijat dan ultrasound.

Dok, saya bingung sekali dengan keadaan anak saya karena sudah diterapi 2 bulan tetapi belum ada hasil sama sekali, keadaannya masih sama saja. Yang mau saya tanyakan, apakah anak saya bisa sembuh total kalo di fisioterapi terus? Saya ingin anak saya normal seperti anak lainnya. Apa ada cara lain untuk menyembuhkan cedera seperti ini dok?

Terima kasih atas perhatiannya.

Jawaban Dokter :

Selamat malam

Erb’s palsy adalah gangguan pada saraf di daerah bahu yang sering terjadi pada proses persalinan. Pada gangguan yang ringan, beberapa kasus bisa sembuh sempurna, namun perlu dilakukan fisioterapi untuk mencegah terjadinya kekakuan. Pada kasus yang berat terkadang perlu dilakukan tindakan operasi. Namun bahkan pada kasus yang sudah dilakukan tindakan operasi, kesembuhan tetap memerlukan waktu yang cukup lama dan fisioterapi.

Untuk itu perlu diperiksa lebih lanjut seberapa berat gangguan saraf yang terjadi untuk menentukan tindakan yang diperlukan.

Semoga bisa membantu.