Dok, ibu saya berumur 42 tahun, agak gemuk dan perokok sering merasa leher belakangnya suka nyeri pada saat pusing, punggungnya terasa panas, dan nafasnya pendek. Saya tadi baca di google kalau itu termasuk gejala jantung. Apakah itu benar?

Jawaban Dokter :

Selamat pagi,
Memang benar salah satu gejala dari penyakit jantung atau sering kami sebut ACS (Acut Coronary Syndrome) adalah nyeri dada seperti ditekan, ditusuk atau terasa seperti terbakar pada dada kiri yang bisa mendajalr ke lengan kiri, bahu, uluhati. Hal ini dapat disebabkan karena penghentian aliran darah pada jantung.mpenghentian alirandarah pada jantung disebabkan karena adanya sumbatan pada aliran darah di jantung. Sumbatan ini sering kami sebut atherosclerosis. Atherosclerosis ini terbentuk karena terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah jantung sehingga menyebabkan penyumbatan. Penumpukan lemak dapat terjadi karena rusaknya pembuluh darah jantung sehingga lemak jenuh atau LDL menempel pada pembuluh darah, dan tingginya LDL pada tubuh kita.
gemuk adalah faktor resiko peningkatan lemak jenuh pada tubuh yang menyebabkan menempelnya LDL pada pembuluhdarah
rokok adalah faktor resiko yang menyebabkan rusaknya pembuluh darah sehingga LDLmudah masuk dan menempel pada pembuluh darah
usia juga merupakan faktor resiko terjadinya ACS karena proses degeneratif atau penuaan yang menyebabkan rusak nya pembuluh darah
 
pada orang tua anda 3 faktor resiko tersebut memang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung mendadak (ACS).
saya sarankan ibu anda untuk di cek di tenaga kesehatan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi lebih lanjut dari jantungnya.
terimakasih
dr Odih Fahruzi