dok saya mempunyai kulit yang lumayan sensitif jika terkena gigitan nyamuk sejak kecil, banyak bekas luka di kaki dan sebagian di lengan saya yang sejak kecil sulit untuk hilang, saya pernah mengecek gula darah sewaktu tetapi waktu itu saya baru saja selesai makan dan gula darah saya 237, kemudia saya mengecek gula darah ke lab dan ternyata normal, saya takut dok luka yang tidak bisa hilang di tubuh saya itu akibat saya mempunyai penyakit gula, saya bingung bagaimana cara menghilangkan bekas luka itu
terimakasih.

Jawaban Dokter :

Kulit yang sensitif terhadap gigitan serangga adalah bawaan sejak lahir, sehingga memang sulit dihilangkan. Ada yang menghilang setelah dewasa namun ada juga yang berlanjut. Sehingga pencegahan yang terbaika adalah menghindari gigitan serangga.

Mengenai gula darah, memang benar penderita kencing manis akan lebih mudah mengalami gatal pada kulit. Namun pemeriksaan gula darah setelah makan tentu akan menghasilkan nilai gula darah yang tinggi. waktu Pemeriksaan gula darah yang terbaik adalah 2 jam setelah makan dan 12 jam puasa.
Untuk menanggulangi bekas luka, mungkin dapat berkonsultasi denga dokter kulit guna mendapat penanganan lebih lanjut.