Saya mau menayakan tentang penyakit albino. Ada saudara saya yang "mungkin" terkena albino dengan gejala sbb: pada kulit rambut bagian depan atas itu berwarna
kemerahan, sehingga setiap kali tumbuh rambut, pasti rambutnya berwarna putih. Itu sudah dia alami selama kurang lebih 10 tahun, tapi tidak meluas warnanya (bertambah). Apakah itu sudah termasuk gejala penyakit albino? Apakah kalau memang benar albino maka tidak bisa disembuhkan karena dengan sendirinya seluruh kulit penderita akan berubah warna (seperti bule)? Menularkah penyakit itu? Apakah bisa menurun pada anaknya? Saya menunggu jawabannya & terimakasih

Jawaban Dokter :

Albino adalah penyakit yang diturunkan. Bisa saja kedua orang tua tidak albino, tetapi dalam gennya memiliki gen albino (karier, pembawa), yang kemudian bila gen albino dari ayah dan ibu bertemu pada 1 anak tersebut, si anak menjadi albino.

Albino berarti tidak dihasilkannya pigmen melanin. Kulit akan putih seperti orang dari ras kaukasia (bule), mata berwarna kemerahan atau pink, rambut putih (semua rambut), dan ia akan sangat sensitif terhadap cahaya. Albino adalah penyakit genetik, dan tampak sejak lahir.

Dari cerita yang Anda sampaikan, menurut saya kulit kemerahan pada kulit kepala dan rambut berwarna putih bukanlah albino.

Apakah bercak kemerahan tersebut gatal? Apakah bersisik? Apakah kemerahan tersebut meluas? Jika ya, maka salah satu kemungkinannya adalah infeksi jamur. Kemungkinan lain adalah gangguan pigmentasi setempat, psoriasis, dan sebagainya.

Jika Anda ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan clinical judgement yang lebih baik (karena penyakit kulit didiagnosis berdasarkan data dari penglihatan mata)

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.