dok, mau nanya, waktu ini saya pergi ke pantai siang hari. nah kulit tangan saya kan kena sinar matahari langsung, trus 3 harinya kulit tangan saya terasa agak perih dan 3 harinya lagi mengelupas.

kira-kira knpa y dok sampai terasa perih dan kulit mengelupas begitu? bahayakah? dan bagaimana mengatasinya?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Untuk keluhan Sobat, pertanyaan saya adalah apakah Sobat saat ke pantai ada memakai tabir surya pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, misalnya pada tangan Sobat? Bila tidak, maka keluhan yang dialami Sobat adalah oleh karena terbakar sinar matahari. Terbakar sinar matahari dalam dunia kedokteran juga termasuk salah satu bentuk luka bakar. Namun luka bakar jenis ini adalah luka bakar yang paling ringan karena hanya mengenai lapisan paling luar dari kulit yaitu epidermis. Tanda dan gejala luka bakar jenis ini adalah adnaya kemerahan pada kulit dan rasa perih atau nyeri pada luka tersebut. Luka bakar jenis ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari yang biasa ditandai dengan pengelupasan kulit. Secara umum luka bakar tipe ini tidak berbahaya.

Cara mengatasinya pun mudah, Sobat cukup menggunakan tabir surya pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian dan bisa juga diakali dengan Sobat menghindari sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan payung, topi lebar, berteduh, dll. Apa bahayanya untuk jangka panjang? Paparan yang terlalu sering terhadap sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet atau sinar UV dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Jadi saran saya sebaiknya Sobat menggunakan tabir surya bila hendak beraktifitas di luar ruangan.

Untuk info lebih lanjut, Sobat bisa membacanya di

http://www.tanyadok.com/sehat-wanita/tabir-surya-cegah-penyakit-kanker-kulit

Semoga membantu.