Anak saya berumur 2.5 bulan, kuku kaki dan tangan serta bibir anak saya terkadang berwarna kelabu gelap, tetapi terkadang terlihat kelabu memudar. Dan pada saat menangis akan terlihat jelas seluruh wajahnya membiru. Yang ingin saya tanyakan, apakah anak saya terindikasi berpenyakit jantung? Apakah ada tanda2 siknifikan lain utk memastikan bahwa anak saya memiliki indikasi tsb? Dan hal-hal apa yang harus saya hindari dan harus saya lakukan dalam perawatannya? Atau mungkin pencegahan dini? Demikianlah hal yang ingin saya tanyakan, terima kasih.

Jawaban Dokter :

Ibu yth,

Seorang anak yang memiliki kelainan jantung bawaan sering disertai dengan gejala biru, terutama pada saat menangis. Namun perlu dibedakan apakah anak ibu menjadi biru karena permasalahan di jantung atau di parunya.

Penyakit jantung bawaan dapat dibagi menjadi yang biru atau yang tidak biru. Tanda yang harus kita perhatikan pada anak adalah kemampuannya menyusui.

Pada anak dengan permasalahan jantung, biasanya mereka tidak kuat menyusu dalam waktu lama, terputus-putus dan kemudian disambung lagi. Bila bayi yang sehat, ia akan mampu minum susu dalam jangka waktu yang lama, dan setelah habis biasanya ia akan puas atau justru menangis sebagai tanda ia masih ingin minum susu lagi. Pada bayi yang punya masalah jantung bawaan, ia mungkin hanya menyusu sekitar 5 menit atau kurang, kemudian berhenti untuk beristirahat, dan kemudian akan minum susu lagi, jadi tidak terus-terusan seperti pada bayi sehat yang mampu minum susu terus menerus hingga 15 menit sampai 30 menit.

Tanda lain penyakit jantung bawaan adalah ketika selesai minum susu atau di antara masa jeda untuk istirahat, mereka tampak tersengal-sengal kelelahan. Tanda lainnya adalah adanya keringat dingin terutama di daerah dahi.

Yang sering membuat orang tua waspada adalah ketika anak menangis ia menjadi biru. Namun perlu dibedakan dengan jelas apakah ia biru atau pucat. Bila pucat, maka hal itu sering dialami oleh bayi normal.

Sewaktu kontrol ke dokter anak, Ibu harus tanyakan masalah ini kepada dokter, agar bisa direncanakan terapi untuknya apabila ia memang memeiliki kelainaan jantung bawaan.

Semoga membantu