Dokter, suami sy penderita diabetes, umur 30 thn, TB 174 cm, BB 60 kg.

Sy mau tanya apakah diabetes komplikasi bronkhitis sangat berbahaya? Makanan apa yg hrs dihindari dan makanan apa yg boleh dimakan? Apakah terlalu capek dapat membahayakan bagi penderita diabetes? Saat gula darah naik obat apa yg paling baik dok? Apakah diabetes dapat menyebabkan impotensi? Jika iya pengobatannya bagaimana dok? Mohon penjelasan dan sarannya.

Terima kasih sebelumnya dok, maaf pertanyaan sy terlalu byk.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
bronchitis merupakan radang pada saluran pernafasan atau bronchus, dan penyakit ini tidak akan berbahaya bila diatasi segera. kesulitannya adalah pada penderita diabetes, kadar gula yang tinggi membuat mereka mudah infeksi dan kalau infeksi terjadi sulit untuk sembuh karena suasana yang mendukung kuman berkembang biak.
kelelahan memang bisa memicu naikknya gula darah akibat stres yang timbul pada tubuh, tapi kalau meminum obat teratur dengan diet yang tepat maka biasanya gula darah akan terkontrol.
saat gula darah naik maka obat yang paling baik adalah suntikan insulin, tapi sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam sebelumnya.
diabetes yang tidak terkontrol memang bisa menyebabkan impotensi, dan pencegahan satu-satunya adalah mengkontrol gula darah selalu dalam batas normal.
untuk informasi mengenai diet tepat bagi penderita diabetes dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/berita/2010/06/diet-tepat-untuk-penderita-diabetes
atau
http://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/hidup-bersahabat-dengan-diabetes
sedangkan informasi mengenai impotensi pada diabetes dapat dibaca di
http://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/kontrol-gula-darah-hindari-impotensi
semoga membantu

Diabetes