Dok,

langsung saja ya. Saya ingin bertanya tentang kolesterol nih. Dulu saya pernah periksa kolesterol dan hasilnya 227. Saya lalu menjalani diet low cholesterol, tapi kenapa saat saya periksa lagi kadar kolesterol tidak turun juga ya?

Sebenarnya berapa kadar kolesterol yang harus saya capai supaya saya bisa tetap sehat Dok?

terima kasih.

Jawaban Dokter :

Halo Sobat,

perlu diketahui bahwa yang harus diperhatikan dari kadar kolesterol bukan kolesterol total, tetapi kadar LDL dan HDL, serta beberapa pemeriksaan seperti Lp(a) dan APO B. Pemeriksaannya juga sebaiknya dilakukan di laboratorium sehingga bisa mendapatkan hasil yang lengkap, bukan dengan menggunakan alat meter di rumah.
Sebagai info tambahan, saat ini parameter yang dipakai sebagai patokan menentukan apakah kadar kolesterol seseorang dalam level yang berbahaya atau tidak adalah dengan menggunakan parameter Non-HDL cholesterol. Cara menghitungnya mudah, kurangkan total kolesterol dengan kadar HDL. nilai yang dianjurkan adalah target LDL + 30.

Sebagai contoh, jika sobat memiliki risiko tinggi penyakit kardiovakular, maka target LDL sobat adalah <100. Dengan rumus diatas, target Non-HDL cholesterol sobat adalah <130. Salam sehat.