Halo Dok..

Saya mau bertanya tentang koagulasi drilling, apa sih koagulasi drilling itu? apakah sama dengan laparoscopic ovarian drilling? Apa indikasi dilakukannya koagulasi drilling? adakah efek sampingnya di kemudian hari? apakah tindakan tersebut bisa mempengaruhi kadar hormon-hormon tertentu?

Terima kasih

 

Jawaban Dokter :

Halo Sobat, saya coba menjawab pertanyaannya ya.

1. mungkin istilah yang lebih tepat digunakan adalah ovarian diathermy (bukan koagulasi drilling). ini adalah salah satu tindakan bedah untuk memicu terjadinya ovulasi pada wanita dengan PCO (polycystic ovarian syndrome).

2. iya. laparoscopic ovarian drilling = ovarian drilling = ovarian diathermy.

3. tindakan ini diindikasikan untuk wanita penderita PCO yang masih belum bisa ovulasi, setelah mencoba untuk menurunkan berat badan dan menggunakan obat penyubur lainnya.

4. untuk kemungkinan terjadinya ovulasi dengan tindakan ini sebesar 80%, dan kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sebesar 50%. setiap tindakan medis pasti ada resikonya. untuk tindakan ini, resikonya antara lain : infeksi dan perdarahan pada luka sayatan, perdarahan rongga dalam tubuh, nyeri, terjadinya pembentukan jaringan parut antar organ-organ dalam tubuh.

5. seharusnya tidak mempengaruhi hormon ya, karena ini merupakan tindakan bedah (tidak menggunakan obat-obatan hormon). resikonya tetap sama seperti yang saya jelaskan diatas, dan kemgknan menjadi hiper-ovulasi jika dilakukan tanpa indikasi yang sesuai.
Semoga cukup menjelaskan.