Maaf dok mau tanya saya umur 35 tahun skrng sedang hamil anak ke 2 umur kehamilan saya 15 minggu,tp kehamilan saya ini di sertai dengan kista besar 5,5 cm.kira2 mempengaruhi janin saya atau berbahaya untuk janin saya atau tidak,,,,kalaupun berbaya tindakan apa yg seharusnya saya lakukan,terimakasih,,,,

Jawaban Dokter :

Selamat siang ibu. maaf atas keterlambatan jawaban kami dikarenakan sempat adanya maintenance system kami.
Selamat atas kehamilan ibu. Kista memang dapat muncul saat kehamilan dan tergantung dari jenis kistanya, tidak semua kista berbahaya saat hamil. ukuran kista 5.5 cm memang cukup besar, patokan yang digunakan untuk menentukan terapi dilakukan atau tidak adalah 5 cm.  dokter ibu akan melakukan penilaian terhadap kista tersebut dan jika dicurigai dapat mengganggu kehamilan ibu, kista tersebut dapat dioperasi.
perlu untuk diketahui bahwa tidak semua kista perlu dioperasi. memang, bahaya utama kista saat hamil adalah kista tersebut dapat terpuntir dan menyebabkan nyeri , atau kista tersebut dapat pecah. Akan tetapi kedua kondisi ini jarang terjadi dan penanganannya berbeda untuk setiap kasus.
Anjuran saya, diskusikan kembali kondisi ini dengan dokter kandungan ibu. jika jenis kista yang ibu alami termasuk kista yang jinak dan tidak mengganggu kehamilan ibu, tidak ada hal yang perlu ibu kuatirkan.
 
salam sehat