Pagi, saya mau bertanya mengenai masalah ketiak saya. Dulu sewaktu kuliah sama sekali tidak ada masalah dengan ketiak saya. Sekarang setelah bekerja kok ada noda kuning di hampir semua pakaian saya apalagi di seragam kerja. Benar-benar bikin tidak pede. Lalu saya ganti dari dry stick ke spray tapi ternyata masih tetap ada noda di ketiak baju. Saya coba beralih ke roll on tapi juga malah meninggalin bekas noda yang seperti lilin di daerah ketiak baju akhirnya pakai bedak bb tapi tetap tidak ada perubahan.

Saya sama sekali sampai cape dengan masalah ketiak baju yang selalu bernoda kuning ini! Hingga sekarang semua saya pakai sampe habis kecuali roll on karena merusak baju. Saya sekarang mencuci baju saya sendiri dan selalu direndam pakai bleaching tapi tetap di daerah ketiak nodanya masih ada! Please help and thanks a bunch!

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya. Saya coba menjelaskan apa yang tengah terjadi pada Sobat.
Keringat di ketiak dihasilkan oleh kelenjar keringat tipe apokrin, yang juga terletak di wajah dan daerah sekitar puting susu. Apakah di area tersebut juga sering keluar keringat kekuningan?

Keringat yang berwarna (istilah medisnya chromhidrosis) dapat disebabkan oleh oksidasi pigmen lipofuchsin di dalam kelenjar keringat. Warna yang dihasilkan bisa kuning, hijau, kebiruan, sampai kehitaman. Penyebab lainnya adalah infeksi jamur, infeksi bakteri, oksidasi oleh bahan kimia pada pakaian, atau karena makanan yang dikonsumsi mengandung pigmen warna (misalnya banyak mengonsumsi wortel, tomat, dan sayuran berwarna lainnya).

Pengobatannya dapat berupa salep/krim yang mengandung Capsaicin, atau pembedahan. Namun, sebelumnya tentu diagnosisnya harus dipastikan, apakah benar ini akibat oksidasi pigmen (true chromhidrosis) ataukah disebabkan oleh penyebab lain. Jika disebabkan oleh konsumsi makanan yang kaya pigmen seperti wortel dan tomat, coba kurangi atau hentikan sementara konsumsinya, lihat apakah keringat ketiak anda masih berwarna kekuningan.

Saran saya, temuilah dokter spesialis kulit di rumah sakit (supaya peralatannya lengkap, misalnya mempunyai lampu woods untuk melihat fluoresensi yang dihasilkan oleh keringat tersebut).

Semoga di sana Anda mendapatkan kepastian mengenai diagnosis dan pengobatannya.

Salam hangat.