DOK SAYA SUDAH HAMPIR 1 MINGGU MENGALAMI KESEMUTAN DI TANGAN DAN DI KAKI, KALO HABIS TIDUR BIASANYA SEMBUH. KALO TERKENA LANTAI KAKI TERASA TIDAK NYAMAN SEPERTI NYERI-NYERI. KIRA-KIRA KENAPA DOK. TERIMAKASIH.

 

 

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kesemutan merupakan suatu tanda adanya kondisi dan penyakit lain. Keluhan yang dirasakan bisa perasaan geli, gatal, kebas, sensasi tertusuk jarum dan , terbakar tanpa adanya penyebab fisik dari luar.

Kesemutan yang bersifat sementara bisa disebabkan oleh tekanan pada saraf yang menghambat fungsinya, dimana saat tekanan itu hilang rasa kesemutan pun hilang, juga dalam serangan panik. Untuk kesemutan yang bersifat menetap dapat menandakan adanya penyakit yang lebih serius, seperti adanya kekurangan asupan nutrisi dan vitamin, gejala penyakit kencing manis, hipertiroid, adanya peradangan pada saraf, kerusakan sel saraf, pengaruh obat, dan banyak hal lagi.

Solusi yang tepat bagi anda adalah menghindari faktor penyebab dan memperbaiki asupan nutrisi. Namun apabila keluhan masih menetap seperti yang anda keluhkan, sebaiknya segera kembali ke dokter saraf, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

Salam