Dok .. mau tanya gejala anemia itu apa aja? Apakah sering kesemutan gejala anemia?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Anemia adalah kuangnya sel darah merah yang penyebabnya dapat bervariasi seperti kekurangan zat pembentuk sel darah merah (seperti zat besi atau asam folat), kelainan bawaan, penambahan jumlah cairan dalam pembuluh darah, kehilangan banyak darah akibat luka, dll.
Gejala anemia timbul akibat berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan tubuh. Fungsi sel darah merah adalah menghantarkan zat nutrisi & oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Bila yang terkena kekurangan pasokan oksigen itu adalah jaringan saraf, maka bisa timbul gejala kesemutan, rasa baal pada jari2. Bila yang terkena jaringan otot, maka akan timbul gejala seperti keletihan, lemas, kurang tenaga. apabila terkena adalah jaringan otak dapat terjadi penurunan daya konsentrasi.
Gejala yang umumnya terjadi adalah penglihatan kunang-kunang, bila terjadi dari berjongkok langsung berdiri bisa terjadi gelap ataupun berkuang-kunang.
Banyak gangguan pada tubuh yang dapat menyebabkan kesemutan, antara lain gangguan pada persarafan, aliran darah yang tidak lancar (seperti darah kental, kolesterol tinggi, anemia, diabetes), dinding pembuluh darah yang menebal (seperti pada orang tua, dan darah tinggi)
Semoga informasi ini bisa berguna bagi anda, terima kasih.