Halo Dok,
Pada saat hendak menutup pintu, ujung jari telunjuk (2 garis buku) terbentur dengan gagang pintu, akibatnya saya merasakan nyeri seperti tersetrum listrik.

Sejak saat itu jika pada bagian tersebut jika terkena benturan/ tersenggol maka perasaan tersetrum itu akan berulang sehingga tidak nyaman.

Yang ingin saya tanyakan, mengapa hal itu bisa terjadi dan apa solusinya?

Apakah ada hubungan antara pinggang yang bermasalah dengan kesemutan, karena sejak melahirkan melalui operasi caesar (3 tahun yang lalu) saya merasa kini lebih sering mengalami kesemutan.

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Pada kedua sisi jari kita terdapat saraf. jika jari kita terbentur maka dapat saraf dan jaringan sekitarnya dapat mengalami cedera / iritasi. Saraf yang cidera atau iritasi ini akan menimbulkan sensasi kesemutan atau menyetrum.
Jika sensasi ini berulang setiap kali jari tersebut terbentur / tersenggol meski ringan, bisa jadi akibat cidera pada waktu itu menyebabkan ambang rangsang saraf pada jari tersebut menurun, sehingga mudah menimbulkan sensasi menyetrum tiap kali tersenggol. Pemulihan saraf mungkin membutukan waktu agak lama. Sebaiknya hindari terlebih dahulu benturan pada jari tersebut, dan konsumsi vit B kompleks (B1,6,12) untuk membantu nutrisi bagi sel-sel saraf.

Bius pada operasi caesar biasa dilakukan dengan Pembiusan setengah badan, obat bius dimasukkan melalui bagian pinggang. saraf yang mempersarafi bagian pinggang berbeda dengan yang mempersarafi tangan.Jadi sepertinya tidak mempengaruhi kesemutan yang terjadi saat ini.