Dok, mau tanya. Kalau misalkan ada seseorang makan singkong mentah yang sudah rada biru, lalu sekarang dia merasakan pusing harus bagaimana ya dok? Apakah itu keracunan singkong? Apakah itu berbahaya?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Penyebab keracunan singkong ialah asam sianida (HCN) yang terkandung di dalamnya. HCN ialah suatu zat yang menyebabkan gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Akibatnya oksigen tidak dapat dipergunakan oleh jaringan dan tetap tinggal dalam pembuluh darah vena, sehingga pembuluh darah vena tampak merah cerah.

HCN ialah suatu racun yang bekerja sangat cepat, kematian dapat ditimbulkan dalam beberapa menit Apabila HCN murni ditelan dalam keadaan lambung kosong dalam kadar asam yang tinggi, maka kerja racun ini sangat cepat sekali.

Waspadalah jika ada gejala seperti gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah dan diare, sesak nafas, kulit berwarna biru, sakit kepala, lemah, kesadaran menurun dan apatis sampai koma. Keracunan HCN bisa sampai menyebabkan syok, atau renjatan.

Pengobatan harus dilakukan secepatnya. Bila makanan diperkirakan masih ada di dalam lambung (kurang dari 4 jam setelah makan singkong), dilakukan pencucian lambung atau membuat penderita muntah. Jika sudah agak lama, maka penderita harus ke rumah sakit, karena perlu diberikan natrium tiosulfat 30% (antidotum) sebanyak 10-30 ml secara intravena perlahan.

Semoga membantu,
Terima Kasih.