Dok, tiap kali saya usai berhubungan sex, istri saya selalu mengalami keputihan dan bisul pada bibir vaginanya, apakah penyebabnya sebenarnya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Bisul dan keputihan pada bibir vagina istri anda dapat disebabkan oleh banyak hal. Perlu dievaluasi, bahwa keputihan tersebut encer atau kental, berbau, berwarna kuning atau kehijauan, disertai darah, disertai gatal pada bibir vagina, atau disertai gejala lain seperti demam. Bisul nya pun perlu dievaluasi apakah berbentuk kecil, besar, bergerombol, berisi cairan, nanah, atau darah, dasar bisul kemerahan, disertai nyeri, gatal, atau sensasi terbakar.

Penyebab dari keluhan demikian bisa dari peradangan yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur, dimana dapat ditularkan secara hubungan seksual, sehingga anda sendiri pun perlu mengevaluasi apakah ada kecurigaan bahwa penyakit tersebut ditularkan melalui hubungan seksual serta keluhan pada alat kelamin anda.

Solusinya adalah coba menggunakan pengaman (kondom) saat berhubungan untuk menjaga kebersihan. Apabila keluhan masih menetap anda dan istri anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam