Salam sejahtera sebelumnya dok.
saya wanita berumur 22 tahun. saya sudah lama menderita keputihan bertahun-tahun. keputihan yang muncul biasanya flek kuning kering dan itu biasanya gatal. terkadang pernah sampai sedikit kehijauan. saya pernah berobat ke dokter, tapi dulu justru semakin menjadi-jadi. saya sudah capek minum obat dari dokter, saya coba untuk minum obat tradisional seperti kunyit dan sirih.
apakah minum sirih terlalu banyak punya efek samping?

permasalah kedua:
apakah ada kelainan di saya, jika saat mendengar cerita curhatan dari teman-teman saya tentang perilaku seks nya bersama pasangan saya merasa aneh dan terkadang ada cairan yang keluar dari vagina. padahal saya tidak membayangkannya. karena saya tipe yang tidak suka pacaran.

mohon bantuannya dokter.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
bila diminum sesuai aturan maka sirih tidak akan memberikan efek samping. cobalah dukung kebersihan vagina anda dengan melakukan kebiasaan sehat seperti:
– mengganti celana dalam sesering mungkin
– jangan memakai pantyliners
– pakailah pembalut maksimal 4 jam pemakaian saja
– lap kering vagina dengan tissue sehabis BAK
dll
rangsangan seksual bisa saja terjadi tanpa anda sadari karena hal ini diatur oleh otak secara insting. apalagi mendengar cerita yang berbau seksual pasti membangkitkan gairah anda secara sadar ataupun tidak. karena itu wajar saja bila keluar cairan dari vagina saat anda mendengarkan cerita seksual.
semoga membantu