saya usia 20th bulan agustus nanti,saya belum menikah akan tetapi sudah melakukan hubungan istri..saya sempat hamil dan saya mengalami keguguran tapi belum sempat kuret…semenjak itu saya sering kali mengalami keputihan yang berbau dan berwarna coklat..setiap kurang lebih 3 bulan selalu kumat..tapi saya sudah konsultasi kedokter..dan sama dokternya hanya di bersihkan lalu diberikan obat tapi tetap saja sering kambuh.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Keputihan yang berbau umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Jagalah kebersihan vagina anda. Namun, kurangilah kebiasaan mencuci vagina dengan sirih atau sabun pencuci, karena justru dapat menghilangkan bakteri baik pencegah infeksi. Bersihkanlah saja dengan air yang bersih. Semoga artikel berikut dapat membantu: http://www.tanyadokteranda.com/seksualita/2008/09/keputihan-masalah-utama-wanita/

Bercak kecoklatan merupakan flek pendarahan, dan perlu diselidiki penyebabnya, salah satunya karena sisa abortus. Silahkan kunjungi dokter kandungan anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lengkap dan tatalaksana lebih lanjut.

Semoga membantu,
Terimakasih.