saya sudah seminggu ini merasakan nyeri kalau sehabis buang air kecil,dan air seni yang keluar cuma sedikit,setelah itu terasa nyeri di sekitar perut bagian bawah,sedikit sedikit pengen kencing terus,dan baunya tidak seperti
biasanya.dan baru tadi pagi saya buang air kecil,ternyata air seni saya berwarna merah,ada gumpal-gumpal darah kecil-kecil.yang ingin saya tanyakan,penyakit apakah itu,berbahayakah,dan bagaimana penyembuhannya.terimakasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat Menik,

Terima kasih atas keterangan gejala anda yang cukup lengkap. Saya masih memerlukan data pribadi anda berupa:
1. jenis kelamin?
2. usia?
3. pola menstruasi?
4. apakah anda sering keputihan?
5. apakah anda aktif berhubungan seksual? bila ya, apakah menggunakan pelindung?

Gejala anyang-anyangan saat BAK yang anda alami merupakan tanda khas dari infeksi saluran kemih yang memang sering diderita oleh wanita usia muda.
Dengan adanya gumpalan darah pada air seni, saya perlu menyarankan anda untuk menjalani pemeriksaan air seni di laboratorium dan USG ginjal.
Pemeriksaan air seni, ditujukan untuk melihat adanya infeksi saluran kemih dan menyingkirkan kemungkinan adanya batu pada saluran kemih.
Pemeriksaan USG untuk mengetahui adanya batu pada ginjal atau adanya infeksi pada daerah ginjal.

tentunya penyebab infeksi saluran kemih, erat kaitannya dengan adanya keputihan, kemungkinan adanya penyakit menular seksual dari pasangan atau adanya infeksi pada bagian kandungan.

untuk itu, anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

semoga berguna