Selamat sore dok, mau tanya.. Setelah melakukan hubungan intim dengan istri, saya mengalami  kencing berdarah. Itu terjadi setelah saya minum obat demam dan meriang dari dokter. Sebelumnya belum pernah terjadi. Apakah pengaruh dari obat atau bukan, dan apa? terimakasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kencing disertai darah dapat menjadi suatu pertanda penyakit serius. Hal ini dapat disebabkan oleh peradangan, infeksi, trauma, batu, tumor, atau keganasan pada saluran kemih.

Perlu diketahui apakah kencing berdarah tersebut disertai demam, keinginan ingin berkemih mendadak, sering berkemih, nyeri saat berkemih, nyeri pada daerah perut bawah, nyeri pada daerah pinggang menjalar ke arah kelamin, air seni keluar sedikit, perasaan tidak selesai sehabis berkemih, nyeri otot dan tulang, disertai penyakit darah tinggi, serta penurunan berat badan.

Anda perlu memastikan bahwa itu benar kencing berdarah atau kencing berwarna merah, dimana beberapa obat tertentu memang bisa memberikan warna merah pada air kencing. Anda sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam