Dokter yth.
Saya laki-laki usia 34 th mengalami kencing berdarah 3 kali periode selama 6 bulan terakhir. Saya alami biasanya 3-4hari (tidak terus menerus diselingi warna kuning kencing seperti biasa). Kencing tidak sakit. Sudah ke dokter Sp.U periksa semua lab yang berkaitan dengan kesehatan urologi, bahkan sudah 2 kali saya diperiksa IVP, terakhir di patologi. Hasilnya semua normal kecuali asam urat saya 9,1 dan kandungan darah dalam urine +++(karena pada saat itu sedang kencing darah). Memang sebelumnya saya sering kencing disertai keluarnya batu(kalo ditotal lebih dari 10). Hanya satu yang kadang kadang saya rasakan nyeri diperut bagian kiri bawah selama bertahun-tahun. Sebetulnya saya ini sakit apa dok? Ke dokter apa lagi saya harus periksa? Terimakasih banyak dok.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kencing berdarah (hematuria) adalah suatru keadaan dimana terdapat darah di urine. Hematuria bisa 2 macam yaitu gross hematuria dan hematuria mikroskopik. Gross hematuria adalah hematuria yang bisa dilohat dengan mata telanjang sedangkan hematuria mikroskopik adalah hematuria yang hanya bisa dilihat dibawah mikroskop.

Hematuria bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab, namun beberapa yang sering antara lain infeksi saluran kemih, batu ginjal, prostat, tumor.

Namun dari tanda dan gejala yang anda jabarkan besar kemungkinan apa yang anda alami berkaitan dengan batu yang terdapat di organ berkemih saudara, namun untuk mengetahui lebih lanjut anda dapat kembali menemui dokter sp.U untuk memastikan kelainan yang anda alami.

semoga bermanfaat.