Langsung ya dok. Kenapa sdh setahun lebih kadar kolesterol sy belum turun juga, padahal saya sudah menjalani diet makanan dan minum suplement penurunnya?

Gejala2 yg timbul akibat kolesterol tinggi juga sdh tidak sy rasakan lg. Benar2 sudah enak badan saya. Harus gmn lagi ya dok? Habis cek kolesterol justru stress nih…

Terima kasih byk dokter.

Jawaban Dokter :

Selamat pagi sobat,

Penanganan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi) memang membutuhkan waktu yang tidak singkat dan membutuhkan dedikasi, kepatuhan dan konsistensi dari pasien.
Saya ucapkan selamat jika selamat ini sobat sudah bisa mengubah pola makan. Namun, belum tentu perubahan yang sobat lakukan sudah tepat.

Secara umum, segala konsumsi makanan berlemak harus dihindari (lemak daging, santan) dan tinggikan konsumsi makanan berserat (sayur & buah). Yang tidak kalah pentingnya adalah sobat juga harus mengingkatkan aktivitas fisik – bisa dimulai dari berjalan cepat setidaknya 30 menit setiap hari.

Untuk membantu semua ini, dokter dapat meresepkan obat penurun kolesterol bergolong statin. Lakukanlah pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan konsultasi yang lebih lengkap dan pengobatan yang sesusai.

Dengan melakukan kontrol rutin, dokter dapat menyesuaikan obat2an penurun kolesteral dengan menambah dosis atau tipe obat. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.