Dok,
saya ingin bertanya, telinga saya dulu pernah seperti ada benda yang menyumbat walaupun tidak menimbulkan rasa sakit tapi agak mengganggu, kemudian saya pergi ke rumah sakit setelah diperiksa lalu dokter tersebut menyarankan saya untuk disemprot telinga. Lalu saya disemprot menggunakan cairan (saya tidak tahu cairan apa) menggunakan suntikan lalu disemprot lagi menggunakan air hangat, sebanyak 2 kali. Pada saat disemprot cairan di telinga menimbulkan suara seperti gelembung pecah, dengan sedikit rasa nyeri di dekat telinga bagian dalam. Setelah selesai saya diperlihatkan kotoran yg berwarna putih, saat saya tanya apakah itu kaspas yang ada di telinga saya, perawat menjawab bukan itu adalah semacam jamur dengan ukuran kira2 1/2 cm.

Kkira2 sebulan kemudian saya merasakan telinga kembali seperti ada benda yg mengganjal, setelah saya bersihkan dengan pembersih telinga, berselang beberapa hari kemudian telinga saya mengeluarkan cairan seperti nanah, apakah itu disebabkan oleh infeksi atau apa dok? Cairan tersebut terus – terusan keluar sudah kira2 seminggu.

Mmohon pencerahannya dok.

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
kemungkinan memang ada infeksi pada liang telinga anda jadi sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter THT untuk mendapatkan terapi.
semoga membantu