Ibu saya berusia 51 tahun. beliau mengalami kedutan di bawah mata kanannya sejak 1 tahun terakhir, bahkan sekarang lebih sering lagi sehingga mengganggu aktivitas beliau, terutama kalau membaca.sudah pernah periksa ke dokter saraf, diberi obat tp tidak kunjung sembuh. Apakah jenis penyakit itu, apakah berkaitan dengan stroke?dan jika ke dokter lagi apakah hanya diberi obat lagi atau ada therapi lanjutan? terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear Ismi,

Adanya kedutan di wajah, salah satunya disebabkan oleh penyakit yang disebut spasme hemifasial. Agak sulit bagi saya menentukan apakah memang ibu anda menderita penyakit tersebut, karena saya harus melakukan pemeriksaan langsung pada ibu anda (untuk melihat gerakan kedutannya).

Bila dugaan saya benar, penyakit ini yang diderita ibu anda, ini tidak
berhubungan dengan stroke. Memang penyembuhannya agak sulit. Pemberian obat-obatan biasanya memberikan hasil yang kurang memuaskan. Sekarang
ini ada terapi dengan penyuntikan, namun memang obatnya relatif mahal (mungkin untuk 1 kali suntik, perlu biaya sekitar 1.5 – 2 juta).
Dengan penyuntikan memang biasanya gejala mengalami perbaikan, namun pada beberapa pasien tidak dapat hilang total dan akan kembali kambuh dalam beberapa bulan.

Penyakit ini juga dipengaruhi oleh stres emosional. Bila stres atau
banyak pikiran, biasanya gerakan makin bertambah. Oleh karena itu
stres harus dihindari.

Semoga bisa membantu.