Dok mau nanya nih, timbul keloid atau bekas luka itu dipengaruhi faktor turunan atau bawaan ga dok? Gimana menghilangkan keloid ini ya dok? Saya ada bekas luka yang tampak jelek di kulit saya. Saya ingin menghilangkan keloid ini. Sudah coba beberapa cara herbal, tapi keloid tetap ada. Bagaimana ya cara hilangin keloid ini? Kata dokter keloid adalah karena faktor turunan. Benar begitu? Jadi keluarga saya ada turunan keloid ya?

Jawaban Dokter :

Dear sobat,

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara skar hipertrofik (jaringan parut) dan keloid. Keduanya timbul disebabkan proses penyembuhan luka pada kulit yang berlebihan. Luka yang dimaksud bisa luka akibat trauma pada kulit (laserasi, tato, luka bakar, suntikan, vaksinasi, bekas operasi) atau bahkan akibat proses peradangan kulit (jerawat, gigitan serangga, bisul).
Bedanya adalah penyembuhan luka pada keloid melebihi batas luka itu sendiri, bahkan bisa terus tumbuh membesar, tidak bisa regresi spontan, dan cenderung kambuh apabila dilakukan pengangkatan (operasi).

Sedangkan skar hipertrofik merupakan suatu proses penyembuhan luka yang terbatas pada area luka saja dan ukurannya menetap. Area tubuh yang cenderung mudah terbentuk skar hipertrofik atau keloid adalah bahu, dada, rahang, dan lengan, walaupun tidak menutup kemungkinan skar hipertrofik atau keloid ini terbentuk di area tubuh lain. Keloid juga lebih sering mengenai ras Asia dan berkulit gelap.

Penyebab timbulnya skar hipertrofik atau keloid belum diketahui sampai saat ini, tetapi memang banyak yang mengkaitkannya dengan faktor keturunan atau bawaan.

Pilihan terapi untuk skar hipertrofik atau keloid bermacam-macam, namun seringkali tidak memuaskan. Skar hipertrofik umumnya lebih responsif terhadap terapi bahkan dapat regresi spontan dibandingkan dengan keloid yang seringkali tidak respons terapi. Pilihan terapi utama adalah dengan penyuntikan steroid intralesi yang dilakukan berulang kali (2-3 kali seminggu) dalam jangka waktu yang cukup lama.

Apabila ukuran cukup besar dapat dilakukan eksisi (pengangkatan) walaupun risiko kekambuhan dengan ukuran yang jauh lebih besar pada keloid dapat terjadi. Pilihan terapi lainnya adalah retinoid topikal, krioterapi, laser, silikon dressing dengan hasil yang masih bervariasi.

Demikian penjelasannya, Sobat. Semoga membantu.