saya punya penyakit keloid sudah lama. sudah pernah di operasi namun tumbuh lagi, dan satu lagi di daerah sensitif saya. Kadang terasa gatal serta baru baru ini mulai mengganjal jika saya mengenakan celana….
Saya mohon penyelesainya dan kalo berobat di mana berapa biayanya ? terimakasih

mohon bantuanya…..

Jawaban Dokter :

salam sehat,

keloid merupak pertumbuhan jaringan yang berlebih dalam proses penyembuhan luka. setiap orang memiliki bakat keloid yang berbeda. apabila Anda memiliki bakat keloid yang besar, maka pemilihan cara operasi untuk menghilangkan keloid harus lah sangat berhati-hati. karena luka bekas operasi cenderung akan membentuk keloid baru. biasanya dokter akan menggunakan obat golongan steroid sebelum dan sesudah tindakan operasi, konsultasikan hal ini dengan dokter yang menangani Anda.

untuk penanganan keloid pada daerah sensitif, pada dasarnya sama dengan penanganan pada tempat lain. dapat menggunakan suntik steroid (mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman, karena pada daerah sensitif), selain itu dapat juga dilakukan bedah plastik, laser, atau krioterapi. keloid yang terasa gatal, menandakan keloid tersebut masih aktif membesar.

Disarankan Anda berkonsultasi pada dokter kulit atau dokter bedah plastik. Dan untuk mengenai biaya, tentu berbeda-beda pada setiap dokter.

semoga bermanfaat. terima kasih.