Awalnya tahun 1995 bulan puasa hari pertama, tangan kiri dan kaki saya kejang sehingga tdk bisa jalan normal dan harus dipapah. Sekarang hampir setiap tahun mendapat anfal seperti itu, terutama setiap habis hari raya dan tahun baru. Saya diberi obat carbamazepine, 3x ct scan tdk terdapat apa2 menurut dokter radiologi. Namun yang menjadi kebingungan saya, kenapa dokter hanya menyimpulkan itu adalah parsial epil. Tapi saya tidak sembuh. Jika saya mencoba merenungi anfal itu terjadi jika saya kurang tidur dan banyak pikiran. Mohon bantuannya penyakit saya ini apa ? Terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menyebabkan kejang-kejang secara berkala. Penyakit ini disebabkan oleh tidak normalnya aktivitas sel otak. Gejala kejang yang muncul bervariasi.

Seseorang dinyatakan mengalami epilepsi tidak hanya didasarkan pada satu jenis pemeriksaan saja tetapi meliputi anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan EEG serta radiologis. Biasanya kejang pada penderita epilepsi timbul secara spontan dan tidak dikarenakan pencetus tertentu.

Pengobatan epilepsi membutuhkan kurun waktu cukup panjang sampai beberapa tahun sampai dinyatakan bebas kejang. Sebaiknya ibu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang bersangkutan untuk melanjutkan pengobatan.

Semoga bermanfaat.