Dok, saya sudah menikah 5 tahun. Pada awal pernikahan saya sempat hamil, namun sayang harus gugur karena BO, tapi tidak dikuret, karena keluar sendiri dan setelah di usg dalam sudah tidak ada sisa jaringan lagi yang tertinggal. Setelah keguguran itu kami sempat jaga selama 2 tahun dgn cara sperma tdk dikeluarkan di dalam. Setelah itu kami berencana ingin punya keturunan, namun mens saya tidak teratur, jadi saya baru hamil kembali agustus 2010 namun sayang kembali lagi BO dan tidak dikuret juga seperti yang pertama. Saya diminta cek toxo dan aca, hasil kedua nya negatif.
Yang ingin saya tanyakan, apakah kehamilan BO bisa dicegah, supaya setelah ini saya bisa hamil normal?

Jawaban Dokter :

salam sehat,
60% kasus blighted ovum terjadi akibat kelainan kromosom yaitu kelainan pada susunan gen yang membentuk DNA manusia sedangkan sisanya adalah infeksi dalam masa kehamilan (TORCH), penyakit kronis yang tak terkontrol (diabetes), dan faktor imunologis.
bila hasil tes TORCH anda negatif dan anda serta suami anda tidak memiliki penyakit kronis yang bisa menurunkan kualitas sperma dan ovum yang dihasilkan maka kemungkinan terbesar penyebab BO adalah kelainan kromosom.
untuk memastikannya anda dapat melakukan pemeriksaan kromosom, hanya saja hingga saat ini belum ada terapi yang dapat mengobati hingga ke tingkat kromosom. sehingga sebagai pencegahan anda hanya bisa melakukan peningkatan kualitas sperma dan telur dengan pola hidup sehat seperti berhenti merokok dll, banyak mengkonsumsi vitamin E, dan makanan sehat berimbang.
semoga membantu.