Saya mau nanya nih dok. Saya dan istri baru saja menikah seminggu yang lalu. Tapi saya dan istri masih bekerja dan masih belum punya rumah sendiri. Kami masih mengumpulkan duit untuk kontrak rumah sendiri. Nah jadi belum siap punya anak. Istri saya dan saya pengen KB dulu biar tidak kebobolan. Pertanyaan saya apakah setelah menikah pengantin baru boleh langsung KB ? Apakah berpengaruh KB pada kesehatan si istri sendiri selain tertundanya kehamilan? Saya mohon penjelasannya ya dok soalnya kami juga bingung menentukan mau KB apa. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Setelah menikah pengantin baru tentu boleh langsung ber-KB. Metode KB yang dipilih bisa bermacam-macam, dari pantang berkala, hubungan seks terputus, kondom, diafragma, spiral, gel spermisida, pil, susuk, ataupun KB suntik. Semuanya itu boleh digunakan, hanya saja untuk beberapa diantaranya perlu digunakan lebih hati-hati, misalnya pada perempuan yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, sebaiknya tidak memilih KB hormonal (suntik, susuk, pil), dan sebagainya.

Untuk itu, pemilihan metode KB sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter, atau bidan, untuk pertimbangan keamanan dan kecocokannya.

Efek samping tentu berbeda untuk setiap metode kontrasepsi, misalnya KB hormonal biasanya memberikan efek peningkatan berat badan. KB spiral biasanya menimbulkan perdarahan bercak dan nyeri menstruasi. Gel spermisida dan kondom pada orang yang sensitif dapat menimbulkan reaksi alergi, dan sebagainya.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.