Saya menggunakan metode IUD sudah 10 th sejak Agustus’07. Tiga bulan pertama setelah IUD terpasang saya diwajibkan periksa oleh dokter yang menangani. Selama 3 bln itu dokter bilang IUD kalo baik2 saja. Setelah itu sampai sekarang saya tidak pernah periksa lagi, karena tiap bulan saya lancar haid. Apakah itu baik dan apa itu juga beresiko? Saya takut kalau IUD nya bisa rusak atau malah berbahaya. Mohon penjelasannya

Jawaban Dokter :

IUD (intrauterine device) adalah salah satu metode kontrasepsi, sering disebut "spiral".Pada 3 bulan pertama memang dokter biasa meminta untuk datang kontrol untuk melihat apakah ada efek samping yang timbul, dan apakah seiring menstruasi IUD tersebut tetap di tempatnya ataukah terlepas keluar.
Jika selama 3 bulan ini dokter mengatakan baik-baik saja, berarti Anda tidak perlu khawatir. Anda mengalami menstruasi setiap bulan, hal tersebut sangat normal. IUD memang tidak menimbulkan perubahan dalam siklus menstruasi. Hanya saja, kadang menstruasi menjadi lebih banyak dan lebih nyeri. Jika Anda tidak menstruasi, atau terlambat haid, justru itu menandakan kemungkinan Anda hamil. Cobalah melakukan test pack (tes kehamilan). IUD memiliki kemungkinan 1% kehamilan. Yang perlu Anda lakukan setiap bulan adalah memeriksa apakah IUD masih berada dalam rahim, terutama setiap selesai periode menstruasi. Benang IUD seharusnya masih tampak/teraba di dalam vagina. Anda dapat memeriksanya dengan memasukkan jari ke dalam vagina, dibantu dengan cermin, atau senter.
Benang IUD masih ada, menandakan IUD masih terdapat di dalam rahim. Jika benangnya tidak teraba lagi, berarti kemungkinan IUD telah keluar dari rahim. Anda sebaiknya segera kembali ke dokter untuk mengkonfirmasi keberadaan IUD, dan meminta saran metode kontrasepsi back up untuk mencegah kehamilan.
Yang perlu Anda waspadai adalah jika selama memakai IUD, Anda mengalami keputihan yang banyak, berbau, disertai nyeri pada perut bawah atau demam. Semua itu merupakan tanda infeksi, dan Anda perlu datang kembali ke dokter.Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.