Dok, anak saya berusia 17 bln dan sudah saya beri makanan keluarga. Saat ini ia sudah memiliki 6 buah gigi seri, 4 di atas dan 2 di bawah. BB/TBnya 9,2kg/79cm. BB/TB lahir 2,675 kg/43cm.

Pertanyaan saya :
1. Apakah anak saya sudah bisa diberi makanan keluarga? Karena pada saat dia muntah, muntahannya adalah makanan dalam bentuk utuh (meskipun ketika makan rahangnya bergerak, ternyata dia tidak mengunyah makanan yang dia makan). Normalkah hal tersebut?
2. Anak saya aktif bergerak. Makan dan minum susunya banyak tetapi badannya tetap kurus. Apakah ini ada hubungannya dengan kebiasaannya yang langsung menelan makanan tanpa dikunyah sehingga makanan tsb tidak dapat dicerna dengan baik atau karena asupan makanannya masih kurang?
3. Perlukah tambahan vitamin untuk anak saya? Jika iya, vitamin apa yang kira-kira dia butuhkan?

Jawaban Dokter :

Dear parents,

Anak usia 17 bulan sudah boleh mengkonsumsi makanan keluarga selama ia bisa mentolerirnya. Namun permasalahannya bukan pada kemampuan fisiknya untuk menerima makanan, melainkan pada masalah psikologis si anak untuk menerima makanan.
Anak usia ini sering secara sengaja memuntahkan makanannya. Permasalahan makan ini pun akan semakin kompleks ketika anak berusia 2 th sd 3 th. Ada anak yg mau makan bila dia duduk di high chair, atau ada yang mau jika nonton film, atau ada juga yg mau makan bila sambil jalan2. Ini semua tergantung kebiasaan orang tua dalam memberikan asupan. Tentunya bila anak muntah terus menerus, berat badan tdk bertambah. Sebelum kt mengatakan masalah psikologis, Kt harus singkirkan dulu kelainan/penyakit.

Aktivitas fisik anak yang tinggi dapat mempengaruhi pertambahan berat badannya, karena itu tidak cukup dalam satu kesempatan mengatakan bb/tb sudah sesuai atau tidak. Secara prinsip memang ada nilai normal dan anda dapat plot dalam grafik pertumbuhan anak, tetapi yg harus diingat adalah diagnosis gizi anak haruslah berdasarkan klinis si anak, bukan semata ukuran bb/tb, ukuran tersebut membantu dokter untuk menentukan status gizi, tetapi lebih dari itu, status gizi adalah diagnosis klinis.

Pemberian vitamin juga harus sesuai indikasi, bila memang dinilai gizi baik, tidak perlu adanya penambahan multivitamin.

Semoga membantu