Saya ingin menanyakan tentang kanker prostat dan saw palmetto.
1. apa saja gejala dini yg bisa dideteksi dari kanker prostat di usia 20an?
2.seberapa efektif kah saw palmetto mencegah kanker prostat?
3.rambut saya mulai menipis,kemungkinan besar karna kadar DHT yg tinggi. Apakah ada efek samping dari dari penggunaan saw palmetto?

Jawaban Dokter :

Kanker prostat sering terjadi pada laki-laki usia lebih dari 55 tahun. Sangat jarang ditemukan pada usia 20-an. Kanker prostat pada tahap awal lebih bersifat asimptomatik, namun baru dapat terlihat gejala klinisnya jika kelenjar prostat tersebut sudah mengalami pembesaran dan gejala yang terlihat adanya kesulitan dalam berkemih, frekuensi berkemih yang meningkat, namun gejala ini pun hampir sama dengan pasien BPH (Benign Prostat Hiperplasia) yang adalah pembesaran prostat bersifat jinak. Deteksi dini yang disarankan untuk mengetahui ada atau tidaknya kanker prostat yaitu melakukan pemeriksaan rectal untuk mengetahui adanya pembesaran kelenjar prostat yang khas untuk kanker, kedua dengan melakukan pemeriksaan darah mendeteksi adanya PSA (Prostat Specific Antigen) yang khas pada pasien dengan kanker prostat.

Saw palmetto merupakan jenis tumbuhan yang diambil ekstraknya dan digunakan untuk pengobatan pasien dengan pembesaran prostat (BPH-Benign Prostate Hiperplasia), tumbuhan ini telah diteliti dapat menurunkan ukuran kelenjar prostat pada pasien BPH, menurunkan frekuensi berkemih pada malam hari,dan kesulitan berkemih lainnya. Namun, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa Saw palmetto dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

Menurut penelitian, Saw palmetto berfungsi dalam menginhibisi produksi atau pembentukan dihidrotestosteron (DHT) yang memiliki efek membuat kerontokkan pada rambut pria, sehingga jika Anda mengkonsumsi obat tersebut, efek yang didapatkan seharusnya rambut yang tidak mengalami kebotakan.

Terima kasih banyak dan semoga membantu.

Diabetes