Siang dok, mau bertanya mengenai kandungan gizi susu untuk anak saya nih. Apakah susu yang mahal menjamin kualitas kandungan gizi susu untuk anak ? Kandungan gizi susu apa saja yang dibutuhkan untuk masa pertumbuhan anak mengingat usia anak saya baru 18 bulan dengan berat 13kg dengan panjang 90cm (karena anak saya sangat aktif)?. Berapa berat dan panjang normal anak usia 18 bulan?
Apakah susu mempengaruhi daya tanggap anak dan perilaku (aktif/tidak) anak? Karena saya khawatir kalau saya salah kasih susu untuk anak saya dan kandungan gizi susu itu malah jadi membuat anak saya tidak sehat atau bermasalah.Terima kasih

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya Bunda Sobat TanyaDok,

Susu mahal bukan berarti dapat dikonsumsi dan baik bagi semua anak. Perbedaan harga susu selain dikarenakan merk tertentu, juga terdapat kandungan gizi susu khusus bagi bayi-bayi yang memiliki kebutuhan khusus, misalnya yang rendah atau bebas laktosa, memiliki kandungan soya, memiliki protein whey yang lebih tinggi dsbnya.


Anak Anda nampakanya masih normal untuk berat dan panjangnya, sehingga tidak diperlukan susu dengan produk khusus.


Susu membantu nutrisi anak anda. Kemampuan daya ingat anak sangat dipengaruhi kandungan nutrisi yang dimakannya. Apabila dari konsumsi keseharian ia sudah lengkap nilai gizinya, susu akan berguna untuk meneympurnakannya. Ada beberapa produk susu yang menambahkan kandungan vitamin khusus yang di yakini menambah daya ingat si kecil.


Namun perlu diingat, kandungan tersebut juga dapat ditemui dalam makanan alami si anak. Kandungan yang sering dibicarakan itu adalah AA, DHA, omega 3 dan lainnya, sangat kaya di dalam ikan,dan makanan bergizi lainnya.

Namun apabila kandungan gizi sudah baik, jangan lupa untuk memberikan stimulus yang baik kepada anak, sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal, karena jika ia hanya diberikan makanan bergizi tetapi kita tidak aktif dalam mengajaknya bermain, bercanda, membaca bersama, berbicara dengannya, maka kandungan gizi yang baik pun tidak terlalu berguna dalam melatih kemampuan perkembangan anak.

semoga membantu