kenapa ya dok kaki saya cepat kesemutan dan telapak tangan tersa tebal kenapa ya

Jawaban Dokter :

Kesemutan atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan parestesia merupakan sebuah kondisi abnormal dimana seseorang merasakan sensasi seperti terbakar, baal, geli, gatal dan seperti ada yang menjalar di kulit pada tubuhnya yang tidak dipicu rangsangan dari luar. Daerah yang sering terjadi yaitu daerah ekstremitas / alat gerak seperti tangan, kaki, dan jari-jari.Parestesia ini terjadi karena adanya penekanan pada saraf maupun kerusakan pada saraf tersebut.
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan parestesia yaitu adanya penekanan pada saraf tersebut, kurangnya pasokan oksigen menuju saraf tersebut, terekspos cairan kimia, maupun suhu dingin yang sangat ekstrim, trauma yang mengenai saraf, gangguan metabolik (diabetes melitus), konsumsi alkohol berlebihan, defisiensi vitamin B kompleks terutama B12.
Keluhan parestesia ini perlu diobservasi durasi, frekuensi datangnya, penjalaran. Kemudian, perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis saraf, agar dapat diketahui penyebab dan diberi pengobatan yang sesuai.