Siang Dokter,
Saya wanita 22 th, saya mau tanya jerawat saya yang tumbuh di muka, badan hingga di kemaluan,
Di muka muncul seperti jerawat batu hingga menyerupai bisul2 kecil, terus jerawat jg tumbuh di sekitar dada dan di payudara dan bahkan tumbuh di area vagina, hingga menyerupai bisul/luka. Dan jika jerawat itu dipencet bekasnya hitam hingga menjadi bolong-bolong.
Dokter sebenarnya jenis jerawat apa yg tumbuh di muka dan tubuh saya?
Adakah obat yang bisa menyembuhkannya? Karena saya sudah berobat ke dokter efeknya hanya sementara obat habis tumbuh lagi.
Dokter mohon solusi dan penjelasannya ya.
Terima kasih atas keluangan waktu untuk menjawab.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dari keluhan yang anda kemukakan, kemungkinan anda terkena penyakit moluskum kontagiosum. Penyakit ini disebabkan oleh virus poks dengan kelainan kulit berupa papul miliar ( kecil-kecil ) kadang lentikular dan berwarna putih seperti lilin, berbentuk kubah yang ditengahnya terdapat lekukan ( delle ). Jika dipijat, keluar massa berwarna putih seperti nasi. Tempat predileksinya di muka, badan dan ekstremitas. Pada orang dewasa di daerah pubis dan genitalia eksterna. Bisa timbul infeksi sekunder.
Untuk mengatasinya dengan mengeluarkan badan moluskum dengan ekstrator komedo/ elektrocauter yang dilakukan oleh dokter ahli. Dan pemberian antibiotik sistemik untuk mengatasi kemungkinan infeksi sekunder.

Saya sarankan anda konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit kelamin.

Semoga membantu