dok..saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang jenis penyakit arthritis. Bisakah dokter membantu saya, khususnya mengenai gejala pada penyakit rhematoid arthriris, osteoartrhritis dan gout arthritis..terima kasih.

 

Jawaban Dokter :

Untuk informasi yang lengkap tentang semua penyakit yang ditanyakan saya yakin sobat bisa mencari informasinya secara mandiri dari internet maupun buku. Saya akan coba membantu dengan memberikan beberapa point.

Artritis rheumatoid: kaku sendi dipagi hari ‚Č• 1 jam, sekurangnya ada 3 sendi yang terlibat, umumnya menyerang pergelangan tangan, sendi metacarpophalanx (MCP) dan interphalanx proksimal (PIP) secara simetris, ada nodul rheumatoid dan faktor rheumatoid positif.

Osteoartritis: Umumnya diderita pasien usia >50 tahun, kaki sendi < 30 menit, ada krepitus dan osteofit, umumnya penyerang sendi DIP, PIP dan CMC, adanya deformitas sendi yang terlibat dan tampak adanya penyempitan sendi pada rontgent. Artritis gout: sering melibatkan jempol kaki, serangan muncul tiba-tiba dengan rasa nyeri yang memuncak setelah 8-12 jam dari awal munculnya serangan, sendi bengkak dan merah, tidak dapat digerakan dan pasien umumnya tidak mampu menggunakan sendi yang terlibat saat serangan, ada tophi, dan dapat terjadi derformitas. Semoga membantu dan selamat belajar.