Salam,
Dok, tolonglah saya. Ibu mertua saya (80 tahun) sudah 1 minggu di rumah sakit karena menjalani operasi tulang belakang (patah). 2 hari lalu rencananya sudah boleh pulang. Lalu tiba-tiba saya dapat kabar bahwa beliau mendadak pingsan dan sampai detik ini belum sadarkan diri. Beliau operasi di makassar, dan saya mendapat kabar bahwa obat terakhir yang dikonsumsinya adalah:
1. FOSAMAX
2. ACRAN
3. LINCHOLIN
4. CHLORPROMAZIN
5. FIDEPHIN.
Menurut laporan, darah dan gulanya naik drastis padahal sehari sebelumnya masih normal. Jenis obat apakah yang di atas? dapatkah memicu tekanan darah / gula? Mohon penjelasannya. Terima kasih atas kebaikan hati dokter.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
1. fosamax adalah obat yang digunakan untuk memperkuat tulang biasanya diberikan pada pasien osteoporosis atau tulang rapuh apalagi mengingat usia ibu anda yang rentan terhadap patah tulang akibat tulang rapuh.
2. acran adalah obat yang digunakan untuk menekan asam lambung supaya lambung tidak perih. obat ini diberikan karena fosamax bisa meningkatkan resiko nyeri lambung.
3. mungkin maksud anda lincolin. ini adalah antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri pasca operasi.
4. chlorpromazine mungkin digunakan sebagai penenang
5. maaf saya tidak menemukan fidephin dalam katalog obat apakah anda tidak salah eja?
banyak hal yang bisa membuat kondisi memburuk setelah operasi apalagi operasi tulang belakang termasuk operasi yang rumit. hal tersebut adalah:
1. usia tua–> usia ibu anda memang termasuk resiko tinggi dalam melakukan operasi
2. penyakit sebelumnya. bila sebelumnya ibu anda memang memiliki riwayat hipertensi dan diabetes, maka memang wajar bila akibat stres operasi tekanan darah dan gula menjadi sulit terkontrol.
3. stres operasi itu sendiri –> tindakan operasi tidaklah 100% aman, kadang bisa timbul komplikasi selama dan setelah operasi yang tergantung dari kondisi pasien juga (saya tidak bisa tahu karena saya tidak menangani)
4. infeksi pasak operasi –> timbulnya infeksi setelah operasi dapat menimbulkan peningkatan kadar gula dan tekanan darah dalam prosesnya apalagi usia tua yang semakin rentan terhadap operasi.
menurut saya sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter bedah atau dokter penyakit dalam yang menangani ibu anda untuk menanyakan langsung penyebabnya, jangan ragu untuk bertanya, anda punya hak untuk tahu secara jelas.
mengenai obat-obatan yang diberikan, bila diberikan sesuai dosis maka tidak ada akibat serius yang bisa ditimbulakn kecuali ibu anda telah memiliki gangguan ginjal sebelumnya.
saya tetap menganjurkan anda bertanya langsung pada dokter yang menangani karena beliaulah yang paling tahu kondisi sebenarnya dari ibu anda.
semoga membantu