Bayi perempuan saya berusis 6 bln 3 minggu. Bb sekarang 6,2 kg. Sering terjadi iritasi yg menimbulkan gatal-gatal pd kulitny. ini terjadi dari usia 1 bulan. Bayi saya minum susu formula. Selain itu sekarang pd usia ini belum bisa tengkurap sendiri. Pd saat ssya tngkurepn,kepalanya bisa angkat. Tp tidak bisa tengkurap sendiri. Saya sdh konsultasi ke dokter ank,baik untuk kulitnya maupun keluhan tumbuh kembangny. Diberi obat untuk kulitny. Tp terkadang msh timbul iritasi. Sementara untuk tumbuh kembangny diberi sarsn konsultasi ke klinik tumbuh kembang anak. Saya sudah tanya ks klinik tsb,biayanya lumayan besar. Apakah ada solusi lain untuk keluhsn ini? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Untuk gatal-gatal pada kulitnya kemungkinan besar alergi bu. Sehingga memberikan salep saja mungkin tidak menyelesaikan masalah. Saya setuju untuk pemberian lotion bayi yang hipoalergenik, atau salep khusus bila ruam terlalu hebat. Tetapi sumber masalahnya juga harus diatasi. Untuk anak usia ini dan mulai dari 1 bulan paling mungkin anak alergi dari susu atau produk sabun/lotion/minyak yang diberikan pada bayi. SAran saya, stop pemberian minyak/bedak pada kulit anak, ganti susu menjadi hipoalergenik, bila ASI ibu pantang susu sapi dan produknya (misalnya keju, es krim, dkk). Gunakan lotion yang hipoalergenik, jangan mandi dengan air panas, gunakan air suam-suam kuku saja.
Untuk belum dapat tengkurap, sebenarnya diharapkan anak sudah bisa tengkurap di usia 6 bulan. Bila tidak ke klinik tumbuh kembang, cobalah untuk memberikan stimulasi sendiri, lebih sering ditengkurapkan, dan minimal kontrol ke dokter anak. Bila tidak bisa juga fisioterapi dan sebaiknya kontrol ke dokter tumbuh kembang.