selamat malam. saya bingung harus bertanya kemana. inginnya ke dokter yang ahli dalam bidang yang akan saya pertanyakan ini.
Saya mempunyai anggota keluarga yang meninggal beberapa hari yang lalu, diakibatkan karena terjatuh di dalam kamar mandi.
yang saya dapatkan dari pemeriksaan fisik pada beliau;
1. terdapat luka vertical terbuka pada area jidat (tepatnya di pertengahan antara alis kanan dan kiri) kira kira luas luka 2-3 cm kedalamannya. dan daerah di sekita luka membengkak.
2. tampak memar kebiru biruan pada daerah batang hidung dan belakang leher turun ke daerah bahu.
3. terdapat luka robek pada mulut, menyebabkan gigi seri bagian depan terlepas 2 beserta akar gigi.
4. posisi klien pada saat ditemukan telentang.

kondisi kamar mandi :
1. ukuran 3×2 m2.
2. lantai semen.
3. tidak ada bak mandi (baik itu terbuat dari batu ataupun kayu dsb) yang hanya ada 1 ember plastik sebgai pengganti bak mandi.
4. terdapat banyak cipratan darah ke arah tembok kamar mandi.
5. pada saat itu, beliau menggunakan perhiasan seperti kalung yang dihiasi dengan mata kalung, dan gelang tangan yang kaitannya cukup kuat. pada saat ditemukan mata kalung sudah terlepas dari tempatnya dan gelang tangan juga terlepas dari tangan beliau.
5. terdapat lamtai sekitar 25-30 cm(ukuran keramik kecil) untuk tempat kloset jongkok.

pertanyaan saya, apakah wajar luka luka yang saya sebutkan diatas bila beliau terjatuh sendiri di kmr mandi? karena keluarga melihat kejanggalan disini. tolong dianalisa. karena di dlm kamar mandi tidak ada benda benda tumpul. sekian dan terimakasih.

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
Sebaiknya konsultasikan kasus ini langsung ke dokter spesialis forensik yang melakukan pemeriksaan dalam dan luar (visem et repertum) terhadap jenazah. Tim dokter Tanyadok tidak bisa memberikan kesimpulan atau informasi apapun mengenai visum karena tidak melihat dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung.
Â
Jejas luka pada korban akibat tindak kekerasan dapat ditandai dengan luka pertahanan diri/ tangkisan; adanya beberapa luka memar atau lecet (dengan tingkat penyembuhan yang berbeda jika berulang) pada bagian lenngan, tangan, paha atau kaki sisi luar.