terima kasih sebelumnya dok, yang ingin saya tanyakan : telinga kanan saya mengeluarkan minayk berlebihan setelah saya mengkonsumsi minyak kelapa berlebihan.Setelah diperiksa ke dokter, diberi obat merk mucopet,diacloor, dll. tapi sampai sekarang masih belum sembuh. Kalo abis bangun pagi agak tersumbat dan berair. tapi ketika beraktifitas agak kering dan mendingan. gejala pertama agak gatal dan terasa berat di bawah telinga. bagaimana perawatan yang baik dok?
terima kasih

Jawaban Dokter :

Terima kasih untuk konsultasinya,

Teliga kita tidak mengeluarkan minyak yang berlebihan bila kita mengkonsumsi minyak. Mungkin minyak atau cairan yang Anda maksudkan adalah nanah atau serumen (kotoran telinga).

Bila cairan tersebut adalah nanah, maka itu merupakan tanda bahwa telinga Anda mengalami infeksi. Sebaiknya diperiksakan ke spsialis THT apakah gendang telinga Anda mengalami kerusakan atau tidak, karena hal ini akan mempengaruhi pendengaran.

Bila ini merupakan serumen , maka perlu diperhatikan agar serumen tersebut tidak menyumbat liang telinga, yang biasanya menimbulkan keluhan daya pendengaran menurun atau sensasi berdenging. Jika Anda sulit untuk membersihkan serumen tersebut, maka Anda dapat dibantu oleh spesialis THT.

Semoga membantu