Dok, saya mo tanya. Anak saya sekarang umur 2 th 4 bln. Imunisasi dasar sdh komplit, terakhir imunisasi tgl 9/11/09 imunisasi polio+dpt yg ke 4. Setelah itu tidak pernah imunisasi lg. Kalo mau melanjutkan bisa ndak, karena sdh terhenti lebih dari setahun. Untuk imunisasi lanjutan selain di dokter anak, kalo di bidan ato puskesmas bisa ndak ya dok?

Pada bulan agustus 2010 kemarin anak saya kena demam sampai 39 trus sempat kejang dan diopname di rs. Kata pihak rs karena kejang pertama jd harus diopname. Setelah diselidiki ternyata anak saya kena tipus. Untuk imunisasi tipus harusnya pada umur berapa ya dok?

Mohon info dan jawabannnya. Terima kasih sebelumnya.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
anda masih bisa melanjutkan imunisasi dan kalau vaksin termasuk imunisasi dasar maka anda bisa mendapatkannya di bidan atau puskesmas. contoh imunisasi dasar yang harus anda berikan ke anak adalah:
– DPT ke 5 saat anak usia 5 tahun dan DPT ke 6 saat anak berusia 12 tahun
– polio ke 5 saat anak usia 5 tahun
sedangkan imunisasi yang tidak diwajibkan sebagai imunisasi dasar hanya bisa didapatkan di dokter spesialis anak atau rumah sakit. ini tergantung anda apakah mau memberikan atau tidak.
imunisasi thypoid memiliki dua bentuk yaitu :
1. imunisasi thypoid berupa kuman mati yang disuntikkan dalam satu kali dosis pemberian. ini dapat diberikan sejak anak berusia 2 tahun dan harus diulang setiap 2-3 tahun sekali.
2. imunisasi thypoid berupa kuman hidup yang dilemahkan dan dikemas dalam bentuk tablet. ini diberikan saat anak sudah berusia 6 tahun. diberikan dalam 4 dosis dengan jarak pemberian 2 hari sekali. jenis ini dapat diulang setiap 5 tahun sekali.
untuk informasi jadwal imunisasi dapat dilihat di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2008/06/jadwal-imunisasi-anak-rekomendasi-ikatan-dokter-anak-indonesia-idai-2006
semoga membantu.