Dok, saya Pria berusia 35 tahun, TB=164cm, BB=68 kg, saya berasal dari Kalimantan, berdasarkan info yang saya dapat dari orang tua sejak dari bayi saya belum pernah mendapat imunisasi (semua vaksin) dikarenakan susahnya akses yankes pada masa itu. Yang mau saya tanya, apakah masih perlu saya di imunisasi saat ini mengingat kondisi tubuh yang sering lelah karena pekerjaan? vaksin jenis apa saja yang perlu dan apakah jenis imunisasi (vaksin) yang disuntikkan sama dengan vaksin yang diberikan pada bayi umumnya? atau ada khusus imunisasi dewasa? terima kasih..

Jawaban Dokter :

Untuk orang dewasa pastinya jenis vaksinnya beda dengan vaksin yang diberikan pada saat Sobat masih kanak-kanak. Vaksin untuk orang dewasa ada beberapa jenis dan kepentingannya bisa berdasarkan dari kemungkinan paparan, riwayat akan bepergian dan risiko pekerjaan. Misalnya pada kemungkinan paparan maka selalu dianjurkan untuk melakukan vaksin Hepatitis B, TT (tetanus-toxoid), influenza, hepatitis A, tifoid, MMR, varisela, HPV. Sedangkan yang terkait risiko pekerjaan adalah vaksin rabies. Bila Sobat berencana bepergian misalnya naik haji maka pasti dibutuhkan vaksin vaksin meningokokus tetravalen dan polio atau bila Sobat berencana travelling maka Japanese B Enchephalitis/JE, tifoid, hepatitis A, yellow fever, influenza.

Saran saya Sobat sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter agar bisa diberikan masukan mengenai vaksin yang paling sesuai untuk diberikan kepada Sobat. Semoga membantu =]

Bacaan lebih lanjut terkait vaksin orang dewasa bisa dibaca di:

Imunisasi untuk Orang Dewasa

Cegah Penularan Penyakit selama Travelling

Naik Haji atau Melancong ke Arab Saudi? Vaksin Dulu, Yuk!