Dokter, saya wanita 25th, single, TB 165 cm, BB 53 kg. Saya ingin menanyakan apakah imunisasi BCG dapat diberikan kepada orang seusia saya? Karena yang saya tahu hanya diberikan pada bayi dan nantinya akan terdapat luka seperti parut dikulit lengan pada bekas suntikan. Di lengan saya sama sekali tidak terdapat tanda seperti itu dok. Apakah ini berarti saya blm pernah mendapatkannya dok? Haruskah saya mendapatkan imunisasi BCG, mengingat salah satu teman kost, tetangga kamar, saat ini disinyalir menderita TBC. Saya khawatir akan tertular. Bgmn solusinya dok?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear,

BCG adalah imunisasi untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC), yang diberikan pada bayi. Pada orang dewasa di Indonesia, yang endemis TBC, rata-rata pada usia 30 tahun semua orang dewasa sudah memiliki kuman TBC di dalam tubuhnya.

(berarti, pada Anda maupun saya, saat ini sudah ada kuman TBC, tetapi dalam keadaan dorman/tidur)

Kuman ini dapat menimbulkan penyakit TBC suatu hari jika:

* terjadi reaktivasi kuman (kuman yang “tidur” dalam tubuh kemudian “bangun” dan menimbulkan penyakit)
— reaktivasi ini biasanya dipicu oleh

* daya tahan tubuh yang menurun

* infeksi ulangan oleh kuman TBC dari lingkungan (misalnya kontak erat dengan penderita TBC)

Cara pencegahan TBC dewasa di negara berkembang bukan dengan BCG, melainkan dengan:

1. Mengobati sumber penularan — obati teman kos Anda Bawa ke Puskesmas atau RS, untuk diperiksa apakah benar ia menderita TBC (dengan pemeriksaan bakteri tahan asam dalam dahak) kemudian mendapatkan pengobatan TBC selama 6 bulan. Jika obat yang diberikan diminum secara teratur, tidak putus, maka dalam setelah 2 bulan, ia tidak akan menularkan kuman TB ke lingkungannya. Pengobatan perlu diselesaikan hingga 6 bulan untuk mencegah kekambuhan di kemudian hari.

2. Ciptakan lingkungan yang dapat membunuh kuman TBC:

* ciptakan ventilasi yang baik di kamar kos Anda

* upayakan kamar Anda selalu mendapat cahaya matahari
(kuman TBC mudah mati dengan sinar matahari)

3. Jaga kesehatan Anda. Dari berat badan dan tinggi badan yang Anda informasikan, status gizi Anda saat ini cukup. Makanlah makanan bergizi dan minumlah suplemen bila perlu.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.