Selamat malam dok… saya mau konsultasi…  saat ini saya berusia 24 tahun.. 1 bulan yang lalu saya periksa ke dokter spesialis dalam (Gastro), keluhan yang saya rasakan yakni: perut kembung, sendawa, makan sedikit terasa penuh, terkadang pusing, dan rasa nyeri pada ulu hati..dikasih obat untuk 1 minggu dan tidak ada hasil,,akhirnya saya disuruh tes darah, urine dan endoscopy..Hasil endoscopy yakni saya terkena HIATAL HERNIA dan GASTRITIS Superficial..saya dikasih obat: SANMAG, Omeprazole, sama Domperidone dan itu untuk satu bulan..

yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah Hiatal Hernia itu dapat sembuh dengan obat-obat tersebut mengingat sudah mengkonsumsi selama 3 minggu saya masih merasa belum sembuh total (masih sering sendawa)?

2. Adakah obat lain yang dapat dikombinasikan dengan obat tersebut?

3. Apa makanan/minuman yang menjadi pantangan?

4. Apakah diperlukan mengkonsumsi obat-obat herbal seperti:temulawak, jahe, dll.. kalau iya apa yang harus di konsumsi?

5. Terakhir, apakah tidak berbahaya mengkonsumsi obat-obat tersebut dalam kurun waktu 1 bulan, mengingat 3 minggu sebelumnya saya juga selalu minum obat-obat dari dokter.

Terima Kasih dok.. mohon dijawab..

Jawaban Dokter :

Halo, saya coba jawab pertanyaan nya satu per satu ya…

1. hiatal hernia merupakan kelainan anatomis (bisa saja karena lubang pada diafragma terlalu besar atau esofagus yg terlalu pendek, sehingga ada bagian dari lambung yang masuk melalui lubang tersebut ke rongga dada). pada kelainan anatomis sebenarnya terapinya adalah dengan cara operasi. pemberian obat umumnya bertujuan hanya untuk mengurangi gejala, bukan untuk memperbaiki hiatal hernia.

2. Ada, yaitu golongan H2-reseptor antagonis. seperti ranitidin, cimetidine, atau famotidine.

3. Tentu saja pantangan makanan nya seperti penderita gastritis pada umumnya, seperti: makanan asam, pedas, gorengan, soda, alkohol, soda, dan sebagainya…

4. obat-obatan herbal tentu tidak akan bnyk membantu (seperti yang saya katakan tadi, bahwa kelainannya adalah kelainan anatomis). salah minum obat herbal, malah akan memperparah peningkatan asam lambung, sehingga bisa semakin kembung, mual, bersendawa, dll..

5. jika memang tidak ada perubahan, sebaiknya memang dikonsultasikan kembali dengan dokter yangg memeriksa. sehingga tidak dipaksakan dengan obat yang sama, melainkan dapat diberikan obat alternatif lain.

semoga cukup bermanfaat.